Menhub Janji Akan Periksa Jembatan Timbang

Menhub Janji Akan Periksa Jembatan Timbang
Foto : Menhub Budi Karya saat menjawab pertanyaan wartawan usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima pengemudi truk di Istana Negara, Jakarta, selasa (08/05/18), Ist

 

JP-Jakarta, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berjanji akan menindaklanjuti keluhan yang disampaikan para pengemudi truk dalam pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa pagi (08/05/18).

Fungsi jembatan timbang adalah untuk mengatur berat dan volume kendaraan pengangkut barang yang melalui suatu daerah. Tapi Menhub tidak menampik, jika di beberapa daerah ada yang menjadikan jembatan timbang sebagai sumber pendapatan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Kita memang akan menertibkan. Jadi mulai tahun ini akan kita tertibkan, itu akan dikendalikan oleh pemerintah pusat, dan kita akan mengembalikan fungsinya untuk mengatur berat dan volume karena ini penting, ujar Menhub usai mendampingi Presiden Jokowi dalam menerima para pengemudi truk.

Menhub pun berjanji dalam tempo 1-2 bulan ini, pihaknya akan memanggil semua pemilik barang untuk taat dengan apa yang ditentukan. Hal ini dilakukan karena dalam satu kalkulasi, lanjut Menhub, pemilik barang itu untung, tetapi dana yang dikeluarkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memperbaiki jalan itu mahal sekali, triliunan rupiah.(Jimmy)

ArabicChinese (Simplified)DutchEnglishFrenchIndonesianJapaneseMalayPortugueseRussianSpanish
%d bloggers like this: