Ancaman Gerakan radikalisme Terhadap Keutuhan NKRI

Ancaman Gerakan radikalisme Terhadap Keutuhan NKRI

Oleh : DR. H. Ainur Rofiq Al Amin SH M.Ag

Jayakartapos,  Peran Pancasila sangat dibutuhkan dalam menumpas radikalisme agama di Indonesia. Pancasila sebagai ideologi berarti suatu pemikiran yang memuat pandangan dasar dan cita-cita mengenai sejarah masyarakat dan negara Indonesia yang bersumber dari kebudayaan Indonesia, oleh karena itu Pancasila dalam pengertian ideologi ini sama artinya dengan pandangan hidup bangsa atau falsafah hidup bangsa.

Pancasila sebagai dasar negara yang mulai dilupakan sebagian besar masyarakat Indonesia, mulai diangkat lagi ke permukaan. Sebagai masyarakat plural/ beragam bangsa Indonesia telah disatukan oleh Bhineka Tunggal Ika, bukan oleh satu agama saja, bangsa ini mulai memperbincangkan kembali kesadaran untuk memahami dan mengamalkan nilai Pancasila.

Masyarakat seperti tercerahkan bahwa selama ini Pancasila telah mati, merapuhkan NKRI dan membuka celah bagi mereka yang ingin bertindak makar. Pancasila harus kembali menjadi philosophische grondsag, falsafah dan pandangan hidup bangsa seperti yang dicita-citakan oleh leluhur kita.

Oleh karena itu, segenap warga negara Indonesia wajib menjadikan Pancasila sebagai pandangan hidup kesehariannya. Tak boleh lagi ada perdebatan mengenai hukum Pancasila dalam suatu agama, karena pada hakikatnya Pancasila tidak bertentangan dengan agama manapun.

*) Penulis adalah pengamat masalah kebangsaan. Materi ini pernah disampaikan dalam

acara seminar wawasan kebangsaan yang diadakan GP Ansor Bintan bertema “Meneguhkan Kembali Peran OKP dan Ormas Dalam Mengisi Dan Menjaga Keutuhan NKRI di Kabupaten Bintan” tanggal 27 November 2018.

ArabicChinese (Simplified)DutchEnglishFrenchIndonesianJapaneseMalayPortugueseRussianSpanish
%d bloggers like this: