Presiden Jokowi Resmikan Museum Islam Nusantara

Presiden Jokowi Resmikan Museum Islam Nusantara

JP-Jombang,  Presiden Joko Widodo meresmikan Museum Islam Nusantara KH. Hasyim Asy’ari, Selasa, 18 Desember 2018. Museum Islam tersebut berisi dengan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan masuknya agama Islam ke Indonesia dan juga perkembangannya di Indonesia.

Musium ini terletak di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dan lokasinya berdekatan dengan Pondok Pesantren Tebuireng yang didirikan oleh K.H. Hasyim Asy’ari pada 1899. Museum ini diharapkan dapat menjadi bahan rujukan tentang Islam di Indonesia.

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo mengatakan “Kita diingatkan bahwa Islam masuk ke Nusantara dengan proses yang sangat damai. Islam berkembang di Indonesia dengan dialog, dengan menggunakan media budaya lokal, seperti syair, wayang, gurindam, dan kasidah.

“Saya juga ingin mengingatkan bahwa Indonesia yang kita miliki sekarang dengan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan berlandaskan ideologi Pancasila, sejatinya turut dibentuk oleh para ulama, santri, umat Islam, yang bersama-sama dengan elemen bangsa Indonesia lainnya,” ujar Presiden Jokowi.(Ardhana/RED)

ArabicChinese (Simplified)DutchEnglishFrenchIndonesianJapaneseMalayPortugueseRussianSpanish
%d bloggers like this: