KPK Tetapkan 12 anggota DPRD Jambi Sebagai Tersangka

KPK Tetapkan 12 anggota DPRD Jambi Sebagai Tersangka

JP-Jakarta, KPK kembali tetapkan 12 orang anggota DPRD Provinsi Jambi sebagai tersangka korupsi, Jum’at (28/12/18). Dari perkembangan penanganan perkara telah ditemukan pihak-pihak lain yang juga harus bertanggungjawab karena diduga menerima hadiah atau janji terkait pengesahan RAPBD Provinsi Jambi.

Perkara ini berawal dari OTT yang dilakukan KPK di Jambi pada 28 November 2017 yang dilanjutkan dengan melakukan penyidikan hingga persidangan terhadap  4 orang, yaitu: Supriyono, Anggota DPRD Provinsi Jambi 2014-2019, Erwan Malik, Plt Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Arfan, Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi dan Saipudin, Asisten Daerah 3 Provinsi Jambi. Saat itu Supriyono selaku anggota DPRD Provinsi Jambi diduga menerima hadiah atau janji sebesar 400 juta rupiah terkait pengesahan RAPBD tahun anggaran 2018.

Dalam perkembangannya, KPK berhasil mengungkap bahwa praktek uang “ketok palu” tersebut tidak hanya terjadi untuk pengesahan RAPBD tahun anggaran 2018 saja, tapi juga terjadi sejak pengesahan RAPBD 2017. Selain itu, KPK juga telah memproses Gubernur Jambi periode 2016 – 2021 Zumi Zola untuk kasus dugaan pemberian suap dan penerimaan gratifikasi hingga total Rp 41 milyar dan 1 unit mobil Alphard.

loading...

Selanjutnya, dalam proses persidangan terhadap sejumlah terdakwa termasuk di antaranya, Gubernur Jambi periode 2016 – 2021 Zumi Zola, telah ditemukan sejumlah fakta-fakta persidangan adanya sejumlah pihak lain yang harus mempertanggungjawabkan secara hukum karena diduga melakukan tindak pidana korupsi menerima hadiah atau janji terkait pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2017 dan 2018.

Dalam pengembangan, KPK menemukan bukti permulaan yang cukup dan meningkatkan perkara tersebut ke penyidikan dengan 13 orang sebagai tersangka, yang terdiri unsur Pimpinan DPRD, Pimpinan Fraksi, Anggota DPRD dan Swasta, yaitu:

A. Tiga unsur pimpinan DPRD provinsi Jambi:

  1. CB, Ketua DPRD
  2. ARS, Wakil Ketua DPRD
  3. CZ, Wakil Ketua DPRD

B. Lima pimpinan fraksi:

  1. SNZ, Fraksi Golkar
  2. C, Fraksi Restorasi Nurani
  3. TH, Fraksi PKB
  4. PN, Fraksi PPP
  5. M, Fraksi Gerindra

C. Satu pimpinan komisi:

  1. ZA, Ketua Komisi III

D. Tiga anggota DPRD provinsi Jambi:

  1. E, Anggota DPRD
  2. G, Anggota DPRD
  3. EH, Anggota DPRD

E. Satu pihak swasta:

  1. JFY, swasta.(Herbowo/RED)
ArabicChinese (Simplified)DutchEnglishFrenchIndonesianJapaneseMalayPortugueseRussianSpanish
%d bloggers like this: