Trump Ancam Tutup Perbatasan Dengan Meksiko Minggu Depan

Trump Ancam Tutup Perbatasan Dengan Meksiko Minggu Depan
Foto : Donald Trump, sumber : twitter.com

Jayakartapos, Presiden Donald Trump mengancam akan menutup perbatasan selatan atau sebagian besar perbatasan, jika Meksiko tidak menghentikan imigran yang menyeberang ke AS tanpa otorisasi, dan ini akan dilakukan minggu depan, ujarnya Jum’at (29/03).

Melansir dari ABC News, Trump sepanjang hari mengulangi ancamannya dan mengatakan dia “tidak main-main” sambil berjanji untuk menutup perbatasan Selatan “untuk waktu yang lama” jika Meksiko tidak bertindak mencegah orang menyeberangi perbatasan ke Amerika Serikat.

Meksiko dapat menghentikannya tepat di perbatasan selatan mereka, ujar Trump kepada wartawan, Jumat (29/03). “Mereka memiliki perbatasan selatan dan mereka memiliki perbatasan yang dapat diatur dengan sangat baik.”

Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, dalam sebuah acara di Veracruz, Jumat malam (29/03) mengatakan, bahwa dia tidak secara khusus membahas penutupan perbatasan, tetapi mendukung diplomasi.

“Kami telah memberi tahu Presiden Trump sendiri bahwa cara terbaik untuk menangani fenomena migrasi adalah menciptakan lapangan kerja dan memiliki kesejahteraan di Amerika Tengah dan Meksiko dan inilah cara kami memecahkan masalah, tidak dengan cara lain ujar Lopez Obrador, seperti yang dilansir dari ABC News.

Otoritas perbatasan AS memperkirakan jumlah imigran tidak berdokumen yang berhenti di perbatasan selatan dapat mencapai 1 juta pada akhir tahun, dan berpotensi dua kali lipat level tahun lalu serta meningkat 140 persen dibandingkan tahun pertamanya di kantor.

Ini bukan pertama kalinya Trump mengancam akan menutup perbatasan selatan. Setelah gelombang imigran berusaha memasuki San Diego pada November 2018, presiden merespons dengan ancaman serupa.(Icha)

ArabicChinese (Simplified)DutchEnglishFrenchIndonesianJapaneseMalayPortugueseRussianSpanish
%d bloggers like this: