Angin Topan Michael Badai Terburuk di Florida Panhandle Dalam Kurun Waktu Satu Abad

Berita Global

Jayakartapos, Angin topan Michael, sebuah badai kategori 4 yang berpotensi menimbulkan bencana dengan 155 mph, atau sekitar 249,448 kilometer per jam yang menghantam di Florida Panhandle Rabu sore, (10/10/18). Dan menjadi badai terkuat yang menghantam AS sejak Badai Camille pada 1969 dan yang paling kuat ketiga yang pernah terjadi di negara itu, seperti yang dilansir dari ABC News.

Angin topan Michael memberikan daampak yang luas di wilayah Tenggara, dengan sekitar 20 juta orang di bawah baik peringatan atau jam tangan untuk badai, banjir atau tornado, kata kontributor ABC News

Ketika angin mendorong air laut ke pantai, kepala meteorologi ABC News, Ginger Zee, mengatakan dia melihat “seluruh rumah, rumah yang dibangun dengan baik, bergulir di jalan.

Tidak seperti Hurricane Florence bulan lalu yang membawa banjir besar ke Carolinas, salah satu ancaman terbesar dari topan Michael adalah angin.

Melansir dari ABC News bahwa, seperti yang dijelaskan oleh Gubernur Florida Rick Scott, angin topan Michael merupakan “monster”, yang dapat menghantam dengan kecepatan angin tertinggi yang mungkin untuk Kategori 4 – 155 mil per jam. Ketika badai mencapai 157 mil per jam, itu termasuk kategori tertinggi, Kategori 5.

Ketika “Michael” mendekati pantai, tekanannya turun menjadi sekitar 919 milibar (mb). Semakin rendah tekanan, semakin kuat badai. Badai Katrina pada 2005 membuat pendaratan dengan tekanan 920 milibar.

Badai itu juga diperkirakan akan membawa gelombang badai hingga 14 kaki, atau sekitar 4,3 meter tingginya, yang memicu peringatan dari para pejabat.

“Siapa pun yang tidak mengungsi yang mengalami gelombang badai biasanya tidak akan selamat untuk menceritakan tentang kisah itu,” ujar Brock Long, yang merupakan administrator Badan Manajemen Darurat Federal, mengatakan pada “Good Morning America” Rabu, (10/10/18).

Editor : Wisnu W

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.