APA JENIS PEKERJAAN DIMASA DATANG

Berita Nasional

oleh : Andi Naja FP Paraga

Stramed, What is The Future or Work. Itulah Pertanyaan yang tengah menjadi topik pembicaraan didunia. Banyak yang berpandangan bahwa pekerjaan dimasa depan belum penting untuk dibicarakan saat ini karena selain belum pasti,juga belum tahu apakah memang demikian yang akan terjadi.

Banyak sekali forum-forum didunia dan tulisan di Media yang membahas tentang perubahan pekerjaan dimasa depan yang dipengaruhi oleh Artificial Intelligent (Kecerdasan Buatan),Machine Learning (Pembelajaran Mesin) dan Automation(Otomatisasi) hal ini dapat menghilangkan jutaan pekerjaan yang biasa dilakukan manusia saat ini. Tentu saja cerita ini dapat membuat kita khawatir dan bertanya apakah semua pekerjaan manusia akan digantikan oleh teknologi atau robot yang menggunakan Al dan Manchine Learning?.

The McKinsey Global Institute pernah menyampaikan di Tahun 2017 bahwa tekhnologi seperti otomatisasi dapat meningkatkan kinerja di masa depan dengan mengurangi kesalahan proses,meningkatkan kualitas kerja,menaikkan kecepatan kerja yang bahkan melebihi dari kemampuan manusia.

Hampir semua pekerjaan manusia memiliki potensi otomatisasi parsial,bahkan setengah dari semua pekerjaan manusia berpotensi digantikan oleh tekhnologi otomatisasi atau robot. Kita menyadari bahwa dunia kerja saat ini sedang mengalami perubahan kearah tersebut.

Tetapi sebagian orang masih percaya ,bahwa tekhnologi dan manusia dapat lebih kolaboratif dalam mengerjakan sebuah pekerjaan di masa depan. Kita dapat melihat dalam kehidupan sehari hari bahwa tekhnologi dapat membantu manusia dalam meningkatkan pekerjaan seperti,saat kita mengunakan Aplikasi On Demand dalam memesan Makanan/Minuman,memesa kendaraan untuk menjemput seseorang,mengirim barang,dan bahan tekhnologi didapat membantu melacak setiap proses layanan yang diberikan.

loading...

Dalam Dunia Manufaktur yang terjadi dimana tekhnologi seperti aplikasi yang menggunakan Al dan Machine Learning dapat membantu pekerja atau pengawas dalam mengelola jalannya sebuah pabrik seperti di Schneider Electric,Haier,Hitachi,Nokia dan lain lain. Kita berharap bahwa masa depan akan memberikan harapan masa depan bagi manusia.

Jika ada jutaan pekerjaan yang aan digantikan oleh tekhnologi maka akan ada juga jutaan pekerjaan baru yang akan dikerjakan oleh manusia dimana pekerjaan tersebut akan membutuhkan keahlian baru yang tidak terlepas dari tekhnologi.

Berbagai pekerjaan baru tersebut harus dipelajari dan diterapkan mulai saat ini. Bagaimana caranya dan bagaimana memulainya?. Hal ini telah menjadi pembahasan pada Webinar tentang What is The Future Work 1 Agustus 2020 oleh 3 Praktisi yang berasal dari industri manufaktur dan jasa. Selain itu akan ada pembahasan tentang rekomendasi -rekomendasi mengenai hal hal yang dapat dipersiapkan oleh Calon Tenaga Kerja dalam perubahan di Masa Depan. (ANFPP020820)

Disclaimer : Artikel ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.