APAKAH PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR

Berita Nasional
Foto: Andi Naja FP Paraga (Penulis)

Oleh : Andi Naja FP Paraga

Jayakartapos, Biro Pusat Media dan Informasi Sekretariat Presiden kamis 8 Mei 2020 mengunggah Pidato Presiden Izinkan masyarakat beraktifitas seperti semula dan berdamai dengan Covid-19 dengan memberi Signal seluruh fasilitas umum akan kembali dibuka. Tentu saja hal ini berita yang sangat baik walaupun masih menyisahkan keraguan apakah Ancaman Virus Corona sudah mengalami penurunan potensi penularan.

Beberapa Fase telah dipersiapkan Pemerintah yang akan diberlakukan selama Bulan Juni dan Juli 2020 antara lain :

Fase Pertama dilakukan pada tanggal 1 Juni 2020 membuka kembali Operasional Industri dan Jasa Bisnis ke Bisnis(B2B) dengan tetap menerapkan Social Distancing. Dapat dimaknai gerak Industri dan bisnis sebagai sektor yang sangat merasakan dampak Covid 19 akan memulai aktifitasnya. Pengusaha dan Pekerja setidaknya bisa menarik nafas lega.

Fase Kedua
Pada tanggal 8 Juni 2020 Toko,Pasar dan Mall dibolehkan beroperasi. Sektor Perdagangan ini pun sangat merasakan dampak dari Covid 19 bahkan tidak sedikit pedagang gulung tikar. Namun setidaknya pada fase kedua ini geliat sektor ini akan dimulai kembali. Mall tentu paling merasakan dampaknya menyusul toko-toko. Untuk Pasar ditemukan ada pasar yang tetap buka tapi dengan Social Distancing yang ketat selama masa PSBB.

Fase Ketiga
Sejak tanggal 15 Juni 2020 tempat Kebudayaan dan Sekolah mulai dibuka kembali dengan tetap menerapkan Social Distancing dan beberapa penyesuaian. Sektor Kebudayaan dan Pendidikan juga paling serius merasakan dampak dari Covid 19. Beberapa Kegiatan kebudayaan nyaris tak bisa berbuat apa apa sejak 3 bulan terakhir. Sektor pendidikan pun mengalami tingkat kesulitan edukasi yang serius selama PSBB dan Social Distancing diberlakukan karena semua sekolah diliburkan.

Fase Keempat
Fase ini berlaku Sejak tanggal 6 Juli 2020 adalah Evaluasi terhadap pembukaan berbagai fasilitas seperti restoran hingga tempat ibadah. Sektor ini pun sudah tidak sabar menunggu dibukanya PSBB dan Social Distancing. Banyak restoran merumahkan pekerjanya bahkan sangat mungkin harus mencari modal baru. Tempat-tempat ibadah dari berbagai Agama malah sangat ingin kembali menghidupkan rumah ibadahnya dengan hadirnya umat beribadah massal. Pemberlakuan Social Distancing terhadap rumah rumah ibadah sangat memberi dampak pada batin setiap umat beragama.

Fase Kelima
Fase ini dibagi dalam 2(dua) Priode 20 Juli dan 27 Juli 2020 sebagai *Fase Evaluasi* dari fase keempat dan pada akhir Juli 2020 atau Awal Agustus 2020 diharapkan seluruh kegiatan ekonomi sudah dapat beroperasi dengan normal. Tentu fase terakhir diharapkan bisa terwujud tanpa ada lagi tambahan fase fase berikutnya.

Kita ingin Pemerintah tetap menghitung dengan matang karena jika salah hitung dampaknya pasti berbahaya. Sejak Republik Rakyat Tiongkok(RRT) memberikan kelonggaran beraktifitas justru muncul kembali Pasien-pasien Covid 19. Beberapa Negara Besar termasuk Amerika Serikat sepertinya masih berjibaku melawan pandemi Covid 19 ini,Kerajaan Arab Saudi meskipun sudah membuka lock down sejak 28 April 2020 mereka tetap dalam kewaspadaan yang tinggi. Artinya hitungan pemerintah harus matang.

Semoga Saja Fase-fase dapat dilewati dan seluruh rakyat bisa kembali kepada kehidupan yang normal. Terkunkung selama hampir 4(empat) bulan adalah masa yang sangat menyengsarakan dan memang butuh keberanian untuk mengakhiri semua keterkungkungan ini.(ANFPP)

Disclaimer : Opini ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.