Berita Hoax Sangat Berpengaruh Terhadap Masyarakat

Berita Nasional

JP-Jakarta,  Kasubdit Pamsus Baintelkam Polri Kombes Pol Kuncoro mengatakan bahwa saat ini dengan perkembangan media sosial, sangat serius sekali untuk mendapat penanganan secara khusus dari Polri.

Intelijen Polri pada prinsipnya adalah bekerja dari semua sektor termasuk juga dalam penanganan terkait dengan berita yang bersifat Hoax. Polri akan senantiasa bekerja profesional sesuai dengan prosedur dan tidak melarang serta membatasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, namun dengan perkembangan media sosial saat ini, banyak dari masyarakat yang bisa melakukan peliputan sehingga terkadang jika ada anggota Polri yang masih muda dan emosional ini juga harus mendapat perhatian khusus karena terkadang informasi yang disampaikan tidak jelas, ungkap Kombes Pol Kuncoro saat memberikan sambutan dalam diskusi publik yang bertema “Diantara Pusaran Pilkada dan Hoax” yang diseelenggarakan oleh Ikatan Wartawan Online di Ruang Aula PKBI Jl Hangjebat III F3, (Rabu, 28 Februari 2018).

Dampak dari berita Hoax ini sangat berpengaruh sekali terhadap masyarakat namun saat ini sebagian besar masyarakat sudah bisa memilah dan membedakan berita yang bersifat Hoax dan Berita yang bersifat benar, ujar Kasubdit Pamsus Baintelkam Polri.

Tantangan kedepan dengan 171 Pilkada ini, maka dalam hal untuk pemenangan calon bisa saja melakukan cara cara dengan berita Hoax namun harapan kita semua, jangan sampai ada yang sampai menggunakan berita-berita Hoax untuk memenangkan diri, imbuhnya.

Penyebaran berita Hoax ini dilakukan secara sistematis oleh termasuk juga yang dilakukan oleh kelompok separatis, termasuk juga saat ini yang marak adalah penyebaran berita terakait dengan PKI, tambahnya.

Selain itu, Jodi Yudiono Ketua Umum IWO juga mengatakan dalam sambutannya bahwa saat ini banyak anggota dari IWO yang telah mengundurkan diri karena telah bergabung dengan tim sukses para calon Kepala Daerah dan ini saya apresiasi karena ini adalah jiwa ksatrianya.

IWO harus memberitakan tentang kebenaran, karena itu dengan hadirnya IWO ini, harus bisa menjadi pemersatu Indonesia Raya dan bukan menjadi pemecah belah kesatuan Indonesia Raya, ujar Ketua Umum Iwo.(BK)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.