DR ZULKIFLI: INDONESIA SUDAH MENGALAMI MULTI KRISIS

Berita Hukum

Jayakartapos, Perbuatan melawan hukum, karena adanya ketidakberesan MK melantik Jokowi. Padahal berdasarkan gugatan, Rahmawati menang gugatan soal gagalkan pelantikan Presiden, tetapi sampai sekarang tidak pernah dilaksanakan malah kemudian, Jokowi dilantik ujar Sri Bintang Pamungkas dalam diskusi  “Konsolidasi Kebangsaan Menghadapi Krisis Ekonomi dan Politik Indonesia 2020” yang diadakan oleh For JIS (Forum Jaringan Islam, red) di Rumah Kedaulatan Rakyat Guntur 49, Jakarta Selatan, Jum’at (04/09).

Masuknya orang-orang Cina dari daratan ke Indonesia yang kita percaya tidak memiliki prosedur yang benar justru diberikan kewarganegaraan serta KTP,  itu yang kita gugat, ucapnya. Dan jika sepakat mau gugat, maka kumpulkan KTP, besok kita masukkan gugatan perbuatan melawan hukum oleh MK, tambahnya.

Menurut Dolly Yatim, di ulang tahun saya hari ini, saya ingin mengembalikan UUD 45 yang asli, yang digunakan saat ini adalah UUD 45 yang palsu, jadi palsu sejak awal. Kita selalu menghargai semua perlawanan dan perjuangan, kalau kata orang ekonomi, ekonomi sudah kacau dan semua tokoh yang memahami masalahnya menjerit.

Dalam diskusi tersebut Dr. Zulkifli ekomey menyampaikan bahwa Indonesia sudah mengalami multi krisis. Memang kenyataan UUD 45 kita dipalsukan, itulah selama ini terjadi. UUD 45 dipalsukan juga dilanggar, dan digunakan MK untuk membatalkan gugatan Rahmawati, yang asli dipalsukan dan yang palsu pun dilanggar.

Sedangkan menurut Djoko Eddy bahwa Departemen-departemen sudah dikuasai oleh oligarki, maka tokoh-tokoh KAMI (Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia, red) bersuara. Resesi itu pertumbuhan lambat dan recovery nya lambat. Sama kayak krisis moneter, pertumbuhannya ikutan lambat, recovery nya 4 tahun, lebih gampang menyelesaikan krisis moneter ketimbang krisis fiskal.

Harjono P. Putro menambahkan bahwa pola pergerakan mahasiswa sekarang ini tidak terdeteksi dengan sumber ideologinya, seperti 98. Agenda mahasiswa sekarang sifatnya parsial.Gerakan tagar #GejayanMemanggil, ternyata sama juga sifatnya parsial. Karena hanya mahasiswa yang memilki daya gugah untuk membangkitkan semangat dan gairah melakukan perubahan. Jadi mahasiswa harus dibangunkan kepeduliannya untuk bergerak. (Bima)