IKA SITUMORANG KARYAWAN PT POS AKTIFIS SBSI

Berita Kabar Buruh Nasional

oleh : Andi Naja FP Paraga

Jayakartapos, Ika Rohasianna Dewi Situmorang begitulah nama lengkap gadis Kelahiran Sumatera Utara 11 Februari 1989 Sarjana Keguruan. Sejak ditugaskan sebagai Karyawan PT POS INDONESIA Bulan November 2016 tak pernah sempat pulang kampung.

Gadis ini satu dari sedikit Karyawan PT POS INDONESIA yang bergabung sebagai anggota Serikat Buruh Sejahtera Indonesia(SBSI) karena umumnya Perusahaan BUMN memiliki Serikat Buruh/Pekerja sendiri. Ia memilih bergabung di SBSI cukup lama dan sering mendampingi Pengurus DPP (K)SBSI ketika berkunjung ke Kalimantan Selatan khususnya jika ada kegiatan SBSI di Kota Banjarmasin.

Ika Situmorang begitulah kami biasa menyapanya Gadis Perantau yang harus menjalani hidup dirantauan ditengah Pandemi didaerah Banjarmasin yang masuk kategori Zona Hitam Pandemi Covid19. ‘Aku hanya masuk kerja 3 hari seminggu,selebihnya Work From Home (WFH),ujarnya ke SBSINews Pkl 23.00 WIB Jumat Malam lewat WhatApp.

Ika Situmorang bertutur menjalani pekerjaan ditengah Wabah Pandemi Covid19 di Daerah Zona Hitam tidaklah mudah. Sosial Distancing dan Protokol Kesehatan sangat ketat. Ia bertutur resiko terberat sekalipun harus dialami termasuk menerima Tunjangan Hari Raya baru didapatkan H-1. ‘ Resikolah saya sebagai Pekerja walaupun keadaan berubah disyukuri saja bang’ tambahnya sambil tertawa gurih seolah ia tak ada beban.

Ika mengaku sangat rindu pulang kampung karena kedua orang tuanya berada di Kampung Halamannya di Sumatera Utara. Untuk mengobati rindu Ika sering menelpon kedua orang tuanya dan merasa senang dan tenang jika keduanya sehat-sehat saja. ‘Rindunya aku sama orang tua bang tapi belum sempat-sempatnya pulang’ tapi semoga setelah Corona berlalu Ika bisa menjenguk orang tua bang’ tambah Ika

Berbicara dengan Ika Situmorang memang terasa menyenangkan. Logat bataknya tetap kental walaupun sudah 4 tahun tinggal di Banjarmasin. Ika suka berkumpul dengan sesama perantau dari Sumatera Utara sambil berekreasi murah meriah. Semua itu tentu sangat menghibur dirinya di rantauan. Ika Situmorang selalu terlihat ceria dan ramah. Tapi dia Gadis yang Cerdas sehingga sering ditugaskan sebagai pembicara dalam Acara-acara PT POS INDONESIA didaerah lain.

Foto: Andi Naja FP Paraga (Penulis)

Bang do’akan Ika tetap sehat dirantau ya’pintanya kepada SBSINews sambil memperlihatkan badannya sedikit lebih kurus daripada sebelum Covid19. Semoga Ika tetap sehat dan penuh semangat menjalani hari-harinya dan terus bekerja berkarya di BUMN tempat ia ditugaskan. Semoga Covid19 segera berlalu dan situasi segera pulih seperti sediakala. Tetap Semangat Dik Ika,Horas!!(ANFPP150820)

Disclaimer : Artikel ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.