Izin Keamanan Hillary Clinton Ditarik Atas permintaannya

Berita Global

 

Jayakartapos, Ijin Keamanan mantan Menteri Sekretaris Negara Amerika Serikat Hillary Clinton telah ditarik oleh Departemen Luar Negeri atas permintaannya, menurut surat tersebut kepada Senat Komite Kehakiman.

Melansir dari ABC News, bahwa surat itu, tertanggal (21/09/18) dan diterbitkan Jum’at oleh ketua komite Republik, Senator Chuck Grassley. Chuck tidak merinci mengapa Clinton membuat permintaan itu, kecuali bahwa dia melakukannya pada (30/08/18). Salah seorang asisten Clinton tidak menanggapi permintaan tersebut

Permintaan itu datang tak lama setelah pemerintahan Trump mencabut izin keamanan mantan direktur CIA John Brennan, mengutip apa yang dikatakan sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders adalah “perilaku tak menentu” dan “serangkaian tuduhan tak berdasar dan keterlaluan.

Brennan sendiri menyebutnya “bagian dari upaya yang lebih luas oleh Donald Trump untuk menekan kebebasan berbicara dan menghukum para kritikus.”Seperti yang dikutip dari ABC News.

Pada saat itu, Gedung Putih mengumumkan bahwa mereka juga meninjau izin keamanan mantan pejabat tinggi lainnya, seperti Direktur FBI James Comey, Direktur Intelijen Nasional James Clapper, Penasihat Keamanan Nasional Susan Rice, Direktur Badan Keamanan Nasional Michael Hayden dan Deputi Jaksa Agung Sally Yates. Namun Clinton tidak ada dalam daftar, seperti surat itu juga mengatakan lima pejabat Departemen Luar Negeri lainnya, termasuk asisten Clinton yang lama, Cheryl Mills, juga dibebaskan dari pengunduran diri mereka.

Nama-nama dari empat orang lainnya telah disunting, tetapi kelima orang itu telah ditunjuk sebagai “peneliti” oleh Clinton, yang memungkinkan mereka untuk menjaga izin mereka setelah mereka meninggalkan departemen.

Tahun lalu Grassley telah meminta Departemen Luar Negeri tentang status izin keamanan Clinton dan para asisten utamanya.

Pada tahun 2016, ketika mencalonkan diri sebagai presiden melawan Trump, Clinton diselidiki oleh FBI dan Departemen Luar Negeri karena dia menggunakan server email pribadi, sementara masih menjadi sekretaris negara, tetapi dia tidak pernah dituntut dengan kejahatan apa pun, meskipun Comey mengatakan dia percaya dia telah “sangat ceroboh.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.