KAHAR S CAHYONO : KSPI AKAN UNJUK RASA MENOLAK OMNIBUS LAW TANGGAL 25 AGUSTUS 2020

Berita Nasional

Jayakartapos, Merespons rumors akan disahkannya RUU Omnibus Law Ciptaker tanggal 14 Agustus 2020 bertepatan dengan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo, maka sejumlah elemen buruh, mahasiswa dan kelompok civil society lainnya berencana menggelar unjuk rasa buruh menolak Omnibus Law tanggal 13 dan 14 Agustus 2020.

Menurut Kahar S Cahyono, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI, red) akan menggelar aksi unjuk rasa tanggal 25 Agustus 2020 di 20 provinsi. Berikut petikan wawancara dengan Kahar S Cahyono yang juga Ketua Departemen Komunikasi dan Media KSPI di Jakarta (9/8/2020) :

Sejauh ini, bagaimana konsolidasi antara elemen mahasiswa dan buruh dalam menolak Omnibus Law? Apa sudah pernah dilakukan rapat bersama?

Jawaban : Konsolidasi sedang dan akan terus dilakukan.

Apakah elemen buruh dan mahasiswa sudah mempersiapkan tim hukum/pengacara terkait perjuangan melawan Omnibus Law?

Jawaban : KSPI sudah mempersiapkan tim hukum atau pengacara. Kami mempunyai LBH KSPI di masing-masing federasi afiliasi.

Apakah sudah ada dukungan perjuangan dari kelompok buruh, mahasiswa dan NGO di luar negeri terkait perlawanan menolak Omnibus Law?

Jawaban : Dari Internasional, ITUC sudah memberikan dukungan.

Apakah cabang cabang organisasi Anda sudah siap mengikuti rencana unjuk rasa menolak omnibus law termasuk jika aksi tersebut berubah menjadi chaos?

Jawaban : Instruksi aksi sudah dikirimkan ke cabang/wilayah KSPI di seluruh Indonesia. (Red/Wijaya)