KEMANUSIAAN DAN KEADILAN DALAM HASIL RAPAT LKS TRIPNAS

Berita Kabar Buruh Nasional
Foto: Andi Naja FP Paraga (Penulis)

Oleh : Andi Naja FP Paraga *)

Jayakartapos, Lembaga Kerja Sama Tripartit Nasional telah melangsungkan rapat dengan 3(tiga) Issue diantaranya : 1. Agenda Kerja Tahun 2020 2.Tunjangan Hari Raya dan 3. Penundaan Pembayaran Iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Rapat Marathon Senin,13 April 2020 yang dihadiri Perwakilan Serikat Buruh,Perwakilan Apindo dan Perwakilan Pemerintah memutuskan :
– Terkait Agenda Tripartit Nasional 2020 memasukkan pembahasan Kajian atas RUU Perlindungan PRT(Pembantu Rumah Tangga)
– Kajian atas RUU Cipta Kerja
– Kajian atas revisi UI No.2 Tahun 2004

Adapun Pembahasan Issue-issue aktual sengai berikut :
– Tunjangan Hari Raya(THR) disepakati sebagai berikut : THR wajib dibayarkan H min 7 sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bagi Perusahaan yang terdampak Covid 19 dan tidak mampu membayar THR secara langsung maka harus memberikan laporan keuangan secara transparan kepada pekerja/buruh,Serikat Pekerja/Serikat Buruh serta melaporkan kepada Menteri Ketenagakerjaan melalui Disnaker setempat. Bagi yang melanggar maka pengawasan melakukan penindakan atas pelanggaran tersebut.

– Terkait Pembayaran Iuran BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai berikut :
1.Regulasi SJSN dan Peraturan Pelaksananya tidak dimungkinkan penundaan iuran serta dapat dipastikan manfaat iuran juga pasti tertunda

2. Apabila tetap mau melakukan penundaan iuran tersebut maka pemerintah harus melakukan revisi regulasi maupun Perpu untuk penundaan iuran serta manfaat iuran dan manfaat iuran tetap bisa didapatkan oleh peserta

LKS Tripnas meminta kepada pemerintah mendorong BPJS Ketenagakerjaan mengalokasikan hasil investasi 2019 sebagian untuk membantu pekerja/buruh yang ter-PHJ dan atau mengcover iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Demikian Pantauan kami dari Rapat LKS- Tripnas yang sangat menentukan langkah-langkah emergency yang bisa menghasilkan keputusan dan memberikan rasa keadilan Social dan rasa Kemanusiaan yang Adil dan beradab dalam situasi masih mewabahnya Covid 19. Publik berhak mengetahui informasi ini karena mereka juga bagian besar dari unsur Pekerja, Pengusaha serta pemerintah.

Disclaimer : Setiap opini di media ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.