KEMNAKER RI WAJIB KELUARKAN JURUS PAMUNGKAS HINDARI PHK

Berita Kabar Buruh Nasional
Foto: Andi Naja FP Paraga (Penulis)

Jayakartapos, Apa Strategi Kantor Kementerian Ketenagakerjaan RI mengantisipasi Pemutusan Hubungan Kerja(PHK) dan dirumahkannya banyak buruh oleh pihak perusahaan melanjutkan pesan Presiden terkait himbauan kepada pengusaha untuk tidak melakukan PHK terhadap pekerjanya.

Menyimak berita beberapa media yang melansir telah berlangsung gelombang PHK dan akan terjadi gelombang PHK besar-besaran tahap kedua bukannya hanya mengerikan bahkan terlampau berat untuk khayalan apalagi jika kelak menjadi kenyataan.

Rasanya tidak berlebihan jika Kemnaker RI diharapkan menggagas pertemuan dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia(APINDO) dan melibatkan Pengurus Serikat Buruh/Serikat Pekerja. Tentu semakin cepat semakin baik tanpa harus menunggu diakhirinya masa Kritis Covid 19.

Pemerintah melalui Kemnaker RI harus memiliki upaya ditengah kepanikan yang mengglobal ini dan jurus-jurus pamungkas sudah harus dikeluarkan. Tentu pemerintah tidak kehabisan strategi dalam menghadapi berbagai jenis krisis. Seperti Pendekar maka pemerintah mesti mengeluarkan jurus terakhir namun jitu mengatasi persoalan ini.

Sudah waktunya Tim Ahli diturunkan dan membuktikan keahliannya. Rasanya untuk sementara waktu ini Kemnaker RI wajib All Out tanpa libur akhir pekan menemukan solusinya. Tentu Wabah ini menjadi ujian berat bagi Menteri Ketenagakerjaan RI yang baru,namun jika beliau dan TIM bisa membawa kita keluar dari Jerat PHK dan Peng-rumahan massal pekerja justru inilah prestasi yang terukir yang tidak pernah ada sebelumnya.

*) Andi Naja FP Paraga
DPP (K) SBSI

Disclaimer : Setiap opini di media ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.