Kepala KPPU Medan Temui Walikota Medan

Berita Nasional

JP-Medan, Kepala Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Perwakilan Daerah Medan Ramli Simanjuntak, SH, MH temui Walikota Medan Drs. HT. Dzulmi Eldin S MSi di Balai Kota Medan, (Senin, 26 Februari 2018). Kunjungan Kepala KPPU Medan selain untuk bersilaturahmi, juga untuk memperkenalkan diri dan memaparkan peranan dan fungsi KPPU kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Medan

Kepala KPPU Medan menjelaskan bahwa KPPU merupakan lembaga independen yang dibentuk untuk mengawasi pelaksaan UU No.5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Oleh karenanya kehadirannya untuk memberikan penjelasan secara rinci terkait kegiatan usaha sehingga terciptanya persaingan usaha yang sehat.

Pemaparan ini merupakan salah satu visi dan misi KPPU. Melalui pemaparan yang dilakukan, diharapkannya dapat mencegah terjadinya pelanggaran dalam proses kerja yang dilakukan, urai Ramli Simanjuntak, SH, MH.

Dan Kepala KPPU Medan mencontohkan sebuah kasus mantan Walikota Pematang Siantar beberapa waktu lalu, yyang saat itu dirinya sebagai investigator KPPU tengah memeriksa terkait proses renovasi RSUD Pematang Siantar. Dikatakan lelangnya hanya Rp.2,5 miliar namun kemudian diatur dan terjadi persekongkalan. Selain harus berurusan dengan hukum, beliau juga kena impeachment oleh anggota dewan karena terbukti melanggar UU, salah satunya melanggar sumpah jabatan dalam melaksanakan tugas.

Oleh karena itu melalui sosialisasi dan pemaparan ini, mudah-mudahan kasus seperti itu tidak terjadi di lingkungan Pemkot Medan, ujarnya.

Wali Kota Medan Drs. HT. Dzulmi Eldin S, MSi sanggat mengapresiasi kunjungan Ketua KPPU Medan dan pemaparan yang disampaikan terkait peran KPPU dalam upaya terciptanya persaingan usaha yang sehat.(Rudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.