KPBI AKAN LAKUKAN MOGOK NASIONAL DAN GERUDUK DPR

Berita Kabar Buruh Nasional

JayakartaKPBI akan melakukan aksi di wilayah-wilayah pada tanggal 6-7 Oktober 2020, tanggal 8 Oktober aksi unjuk rasa ke DPR RI, ujar Sekjen Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI, red) Damar Panca Mulya kepada redaksi belum lama ini.

Terkait adanya surat himbauan Apindo yang berisi mengenai sanksi apabila pekerja  melakukan aksi mogok, menurut Damar Panca Mulya bahwa APINDO tidak punya wewenang memberikan sanksi kepada pekerja yang sedang melakukan aksi unjuk rasa untuk menyampaikan pendapat di muka umum berdasarkan UU No. 9 tahun 1998.

KPBI bersama aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK) dan aliansi-aliansi tingkat kota akan turun di wilayah-wilayah secara maksimal dan akan aksi unjuk rasa di depan gedung DPR RI secara nasional pada tanggal 8 Oktober 2020, berbarengan dengan sidang paripurna DPR RI, dan diperkirakan sekitar 30 – 50 ribu massa aksi, terangnya.

Jika aksi-aksi protes penolakan terhadap Omnibus law cipta kerja tidak digubris oleh DPR maka KPBI bersama GEBRAK akan menyerukan pemogokan umum diseluruh wilayah dan mempersiapkan upaya hukum selanjutnya, jelas Sekjen KPBI.(Kurniawan)