KPU Akan Gelar Rapat Pleno Usai Gugatan PBB Dikabulkan Bawaslu

Berita Nasional

JP-Jakarta, KPU akan menggelar rapat pleno pasca dikabulkannya gugatan Partai Bulan Bintang di Bawaslu, sementara Partai Bulan Bintang tetap berencana mempidanakan KPU karena diduga melakukan kecurangan. Dengan dikabulkannya gugatan PBB di Bawaslu, maka surat keputusan KPU yang menyatakan PBB tidak lolos verifikasi dianggap batal demi hukum.

Menanggapi hal tersebut, KPU akan segera menggelar rapat pleno untuk menentukan langkah selanjutnya. Jika KPU tidak menerima keputusan Bawaslu, KPU mempunyai hak untuk mengajukan banding ke PTUN, tapi jika KPU menerima keputusan Bawaslu, maka dalam tempo 3 hari KPU harus sudah memasukkan PBB kedalam partai peserta pemilu 2019.

PBB tetap berencana mempidanakan KPU, karena menilai KPU telah melakukan kesengajaan sewaktu KPU Provinsi Papua Barat memutuskan PBB tidak memenuhi syarat di Manokwari Selatan.

Bawaslu meminta agar PBB disertakan sebagai partai peserta pemilu 2019, karena Bawaslu menilai bahwa PBB telah memiliki keabsahan sebagai peserta pemilu. Verifikasi di manokwari Selatan yang menjadi permasalahan seharusnya mengacu pada verifikasi sebelum keputusan Mahkamah Konstitusi dikeluarkan, karena Manokwari Selatan adalah daerah otonom baru.(Jimmy)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.