MUNCUL KELOMPOK KAMI, AS HIKAM INGATKAN JOKOWI JANGAN SAMPAI KRISIS LEGITIMASI

Berita Nasional

Jayakartapos,“Jika gerakan KAMI sekarang dibandingkan dengan Fordem (Forum Demokrasi) di era orba, ada beda pada aras struktural. Presiden Jokowi belum dalam krisis legitimasi multidimensi,” kata Hikam, Senin (17/8/2020).

Namun demikian, ia mengingatkan bahwa bisa jadi gerakan KAMI tersebut akan relevan dan menjadi magnet tersendiri bagi sebagian masyarakat yang termakan dengan situasi dan narasi yang dibangun oleh kelompok para oposisi tersebut. Hal ini ketika memang faktanya, Presiden Jokowi mengalami krisis legitimasi di semua lini.

“Jika Presiden Jokowi mengalami krisis legitimasi karena satu dan lain alasan, bisa saja gerakan KAMI mendapat momentumnya,” ujarnya.

Oleh karena itu, di situasi serba sulit saat ini apalagi di tengah pandemi COVID-19, akademisi dari President University itu pun memperingatkan kepada Presiden Joko Widodo dan para jajarannya agar bekerja semaksimal mungkin dan serapih mungkin dalam menjalankan roda kepemimpinannya.

“Makanya penting bagi Presiden Joko Widodo agar tidak mengalaminya (krisis legitimasi multidimensi -red). Jadi ini adalah semacam pertandingan dialektis antara legitimasi negara atau pemerintah Presiden Jokowi versus gerakan anti Presiden Jokowi tersebut,” tuturnya.(Inisiatifnews)