OPERASI LALU LINTAS PERLU DIINTENSIFKAN

Berita Hukum

Foto: Razia lalu lintas, sumber foto: Tribun Lampung

 

 

Oleh : Deora Jigibalom

Jayakartapos,  Kepolisian RI terutama Polda Metro Jaya melaksanakan operasi lalu lintas sebelum dan sesudah Natal dan tahun baru 2020. Operasi ini sangat penting untuk dilakukan bahkan kalau perlu dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Selama pelaksanaan operasi pemeriksaan kelengkapan kendaraan ini, situasi lalu lintas di jalan jalan raya tidak semrawut dan macet. Ini artinya hanya pemilik mobil yang kelengkapan suratnya lengkap termasuk memiliki SIM yang berani membawa mobilnya, sedangkan mobil mobil “bodong” dan pengemudi yang tidak memiliki SIM tidak akan berani membawa mobilnya. Oleh karena itu, operasi seperti ini perlu dilakukan sesering mungkin dan dengan durasi waktu yang lama.

Operasi lalu lintas seperti ini juga sangat penting untuk kegiatan monitoring dan pemetaan kepatuhan pengguna jalan dan pemilik kendaraan, bahkan dengan intensifnya operasi operasi seperti ini akan mempersempit ruang terjadinya balapan liar, manuver pelaku kejahatan dan kelompok teror juga terhambat, bahkan mengurangi jumlah orang stres akibat kemacetan lalu lintas.

Dari sisi ekonomi dan ketahanan energi, maka operasi lalu lintas ini akan mendinamisir roda ekonomi, tidak ada MoU ekonomi yang akan ditandatangani yang gagal karena kemacetan lalu lintas bahkan bisa menciptakan penghematan penggunaan BBM sehingga porsi impor BBM yang kata Presiden mencapai US $ 800.000 per hari dapat dikurangi karena lalu lintas menjadi lancar, sehingga dapat membantu upaya pemerintah yang sedang mengurangi defisit neraca pembayaran yang membengkak akibat banyak impor termasuk impor BBM.

Last but not least, intens dan lamanya durasi operasi lalu lintas seperti ini juga akan meningkatkan pendapatan negara dari pembayaran BPKB, STNK dan pajak-pajak kendaraan bahkan para oknum pemilik kendaraan mewah yang selama ini enggan bayar pajak bahkan dari pemberitaan salah satu TV mencapai 7 tahun tidak bayar pajak akan segera membayarnya daripada mobilnya disita dan kemudian dilelang.

*) Penulis adalah pemerhati lalu lintas.

Disclaimer: Setiap opini di media ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.