OTSUS ADA UNTUK RAKYAT KECIL, BUKAN PEJABAT

Berita Nasional

Jayakartapos, Kepala Kampung Babrongko Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua Bapak Orgenes Wally mengatakan bahwa Dana Otsus ini untuk masyarakat bawah, bukan untuk pejabat di atas.

Ia mengatakan bahwa otsus diperuntukan bagi masyarakat kecil, atau khususnya masyarakat Papua. Sebab mereka membutuhkan dana Otsus ini. Oleh karena itu, kami minta dana Otsus ini agar dapat disalurkan dengan baik sehingga mereka yang ada di kampung-kampung maupun di Kota bisa merasakan wujud kabijakan yang selalu diharapkan tersebut.

“jadi menurut pendapat saya, sebagai Kepala Kampung bahwa Otsus tidak Gagal tetapi belum menyentuh dengan baik kepada OAP, akibat dari penggunaan Anggaran oleh Pemerintah yang tidak sesuai dengan keperuntukannya” jelasnya.

Untuk itu diharapkan agar apabila Otsus dilanjutkan, Pemerintah harus mempunyai suatu rancangan yang dapat mengkhususkan Orang Asli Papua disemua bidang, tidak ada tawar menawar, Sekolah, Rumah sakit, Infrastruktur Perumahan,Pemberdayaan ekonomi kerayatan dan lain sebagainya semua harus dikhususkan buat OAP itu baru bisa diukur tingkat keberhasilannya.

Evaluasi terhadap pelaksanaan otonomi khusus (Otsus) Papua sangat diperlukan agar lebih efektif untuk menjawab aspirasi masyarakat. Kami harapkan Otsus Jilid II tetap dilaksanakan sehingga dapat menyentuh mereka.(Indonesianpaper)