PEMERINTAH MENDANAI PEMBUATAN BLK FEDERASI SB/SP

Berita Kabar Buruh Nasional

Oleh : Andi Naja FP Paraga

Jayakartapos, Tidak lama setelah artikel pendek kami berjudul ‘Menggagas Training Centre Buruh’ Pihak Dirjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan RI langsung memberi respon sang sangat baik tentang pembiayaan pembuatan Balai Latihan Kerja (BLK) bagi setiap Federasi dengan 20 item pelatihan dan secara rinci diterangkan dalam petunjuk tekhnis setebal 350 halaman yang dikirimkan dalam bentuk File Elektronik oleh Sekretaris Dirjen Binalattas Kemnaker RI.

Gagasan yang bagus dan memang sudah sejalan dengan niatan kami di Kementerian untuk melibatkan Serikat Pekerja/Buruh dalam pengembangan BLK Komunitas di Lingkungan SP/SB pada Level Federasi sebagaimana dituangkan dalam Juknis BLK Komunitas. Dimulai Tahun 2020 ini skema bantuan pengembangan BLK Komunitas sudah dapat diakses oleh federasi dengan lebih dari 20 pilihan Kejuruan yang dapat dipilih untuk dikembangkan termasuk Kejuruan Hubungan industrial’ Jawab Surya Sekretaris Dirjen Binalattas Kemnaker RI

loading...

Tinggal kami sangat berharap federasi yang memenuhi persyaratan juknis dapat segera menyampaikan proposalnya disertai dokumen persyaratan yang diminta sehingga kita dapat bersama sama mewujudkan terbangnya BLK Komunitas dilingkungan SP/SB. Harapannya kedepan kita pemerintah dan Serikat dapat bersama-sama menjalankan program-program peningkatan skill masyarakat untuk kemajuan dunia ketenagakerjaan di Indonesia. Selanjutnya kami tunggu proposal’ tambah Surya mewakili Dirjen Binalattas Kemnaker RI.

Tinggallah kini apakah Federasi-Federasi Serikat Buruh/Pekerja bisa mengajukan proposal kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI tentu saja telah memenuhi sejumlah persyaratan yang harus disediakan oleh federasi itu sendiri seperti misalnya tersedia lahan seluas 250M2 bersertifikat atas nama federasi tersebut. Sekiranya lahan tersedia maka persyaratan lainnya tentu lebih ringan. Rasanya tidak mustahil BLK Komunitas untuk federasi SB/SP ini dapat diwujudkan dalam waktu dekat jika sejak hari ini bagi SB/SP yang telah memiliki lahan mulai menyusun proposal.(ANFPP080720)

Disclaimer : Artikel ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.