Rusia Tuding Israel melakukan serangan terhadap pangkalan udara di Suriah

Berita Global

 

Jayakartapos, Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, serangan udara di pangkalan udara utama di Suriah pada Senin pagi, (09/04/18) diduga dilakukan oleh jet Israel.

Mengutip dari ABC News, Rusia mengatakan dua jet F-15 Israel meluncurkan delapan roket berkendali dari wilayah udara Libanon, yang menargetkan pangkalan udara T4 di Homs, sebelumnya pertahanan udara Suriah berhasil menembak jatuh beberapa roket.

Televisi pemerintah Suriah SANA melaporkan bahwa ada korban di pangkalan itu, tetapi Rusia mengatakan tidak ada penasehat militer Rusia yang terluka dalam serangan itu.

Serangan udara itu terjadi sehari setelah dugaan serangan kimia di Douma, daerah yang dikuasai pemberontak dekat Damaskus, selama akhir pekan.
Baik AS dan Prancis telah mengecam atas dugaan penggunaan senjata kimia, Presiden Donald Trump dan Presiden Emmanuel Macron mengeluarkan pernyataan pada hari Minggu, (08/04/18) dan bersumpah untuk “mengkoordinasikan secara bersama.”

Namun, kedua negara membantah terlibat dalam serangan udara pada Senin pagi.

“Pentagon mengeluarkan pernyataan bahwa pada saat ini, Departemen Pertahanan tidak melakukan serangan udara di dalam wilayah Suriah. Namun kami terus memantau situasi dan mendukung upaya diplomatik yang sedang berlangsung untuk menahan mereka yang menggunakan senjata kimia di Suriah dan sebaliknya.(BW)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.