Semakin Banyak Sujud Semakin Tinggi Kemuliaan

Berita

 

عَنْ رَبِيعَة بْنُ كَعْبٍ الْأَسْلَمِيُّ قَالَ
كُنْتُ أَبِيتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَتَيْتُهُ بِوَضُوئِهِ وَحَاجَتِهِ فَقَالَ لِي سَلْ فَقُلْتُ أَسْأَلُكَ مُرَافَقَتَكَ فِي الْجَنَّةِ قَالَ أَوْ غَيْرَ ذَلِكَ قُلْتُ هُوَ ذَاكَ قَالَ فَأَعِنِّي عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ

Dari Rabi’ah bin Ka’ab al-Aslami dia berkata, “Saya bermalam bersama Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam, lalu aku membawakan air wudhunya dan air untuk hajatnya, maka beliau bersabda kepadaku, ‘Mintalah kepadaku.’ Maka aku berkata, ‘Aku meminta kepadamu agar aku menemanimu di surga -dia berkata, ‘Atau dia selain itu’. Aku menjawab, ‘Itulah yang dia katakan-maka beliau menjawab, ‘Bantulah aku untuk mewujudkan keinginanmu dengan banyak melakukan sujud’.(HR. Muslim: 754)

Ulasan Hadits :
1. Robi’ah bin Ka’ab al Aslamy Ra. adalah Robi’ah bin Malik al Madany Ra. seorang sahabat Nabi Saw. dari kalangan ahlush-shuffah yakni di antara sahabat-sahabat nabi yang tinggal di masjid Nabi ada yang tinggal sementara dari safarnya dan ada pula yang tinggal di shuffah masjid Nabi untuk mencurahkan perhatian nya mencari ilmu. Abu Firos adalah panggilannya, beliau meninggal pada tahun 63 H.

2. Hadits ini diriwayatkan dan dibukukan pula oleh Abu Dawud, an Nasa_i dan Ahmad

3. Yang dimaksud memperbanyak sujud dalam hadits tersebut adalah memperbanyak sholat dalam hal ini adalah memperbanyak sholat sunnah.

Faedah Hadits :
1. Melalui sabda beliau Saw. (سل: mintalah) maka itu menunjukkan bolehnya memohon dido’akan kebaikan oleh orang sholih. Dengan mafhum bahwa orang sholih tersebut masih hidup bukan telah wafat.

2. Anjuran kepada para pemimpin supaya memperhatikan urusan orang yang dipimpinnya dan menanyakan kepada mereka apa yang menjadi keperluannya.

3. Rosululloh Saw. tidak punya kemampuan menetapkan seseorang masuk Surga melainkan keimanan seseorang dan amal Sholih yang mendatangkan Rahmat Alloh Azza wa Jalla dan Syafa’at beliau Saw. kelak. Demikianlah, Rosulululloh Saw. menunjukkan jalan untuk menjadi teman beliau Saw. di Surga kelak adalah dengan memperbanyak sujud.

4. Menemani Rosululloh kelak di Surga Firdaus adalah kedudukan yang begitu mulia, kemuliaan tersebut hanya bisa didapatkan oleh hamba yang tinggi derajat ketaqwaan nya seiring hilangnya titik-titik dosa pada hamba tersebut. Dengan memperbanyak sujud lah kedudukan tersebut dapat diraih.
Di lain kesempatan Rosulloh Saw. dahulu pernah bersabda “‘Hendaklah kamu memperbanyak sujud kepada Allah, karena tidaklah kamu bersujud kepada Allah dengan suatu sujud melainkan Allah akan mengangkatmu satu derajat dengannya, dan menghapuskan dosa darimu dengannya” (HR. Muslim:753)
​Allohu A’lam bish Showab.​

بارك الله لكم جميعا ونفعنا الله بالعلوم النافعة

​MATAN IBNU MAJAH​
Majlis Ta’lim dan Kajian

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.