SURAT SP INDOSAT KEPADA PRESIDEN JOKO WIDODO

Berita Nasional

Nomor : 57/SPI/IX/2020
Tanggal : 10 September 2020
Kepada Yth.
Bapak Ir. Joko Widodo
Presiden Republik Indonesia
Di Tempat
Hal : Pengaduan Dan Mohon Perlindungan Hukum Atas Berbagai Permasalahan
Yang Terjadi di PT Indosat Tbk.

Jayakartapos, Dengan hormat,
Teriring salam hormat kami kepada Bapak Presiden, semoga kebaikan dan kemudahan serta kesehatan senantiasa Allah SWT limpahkan kepada Bapak dan keluarga serta seluruh Bangsa Indonesia yang tercinta. Aamiin

Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 pada paragraf keempat alinea kedua dinyatakan bahwa “…Pemerintah Negara Indonesia melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa…”

Mengacu pada pembukaan Undang Undang Dasar 1945 pada paragraf keempat alinea kedua tersebut, kami Serikat Pekerja PT Indosat Tbk (SP Indosat) yang merupakan wadah berhimpun para pekerja PT Indosat Tbk dan sekaligus selaku warga Indonesia dengan ini menyampaikan/mengadukan kepada Bapak selaku Presiden Republik Indonesia perihal berbagai permasalahan yang terjadi di PT Indosat Tbk, yakni:

1. Management PT Indosat Tbk telah melakukan PHK massal kepada 677 karyawan PT Indosat Tbk disaat perusahaan sedang untung dan disaat rekruitmen karyawan baru untuk berbagai posisi.

2. Kebijakan PHK masal yang dilakukan Management PT Indosat Tbk, patut didugamelanggar Pasal 151 ayat (2) dan Pasal 126 ayat (1) Undang-Undang (UU) No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan juncto Pasal 46 butir C.3.a Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PT Indosat Tbk. Selain itu proses PHK masal yang dilakukan Management PT Indosat Tbk dengan memberikan surat PHK secara tiba-tiba atau tanpa ada pemberitahuan dan tanpa ada perundingan sebelumnya dengan memanggil satu persatu ke ruangan/kamar hotel, dan juga banyak karyawan dihadapkan dengan perwakilan Manajemen PT Indosat Tbk yang berbeda jenis kelamin dalam sebuah ruang/kamar hotel atau berdua-duan yang bukan muhrim, merupakan cara yang diduga tidak sesuai dengan adab dan kepatutan.

3. Semakin banyaknya tenaga kerja asing (TKA) yang dipekerjakan di PT Indosat Tbk, bahkan kebijakan PHK massal kepada 677 karyawan PT Indosat Tbk yang merupakan anak-anak bangsa yang berkualitas dan memiliki keahlian dibidangnya tersebut banyak fungsi pekerjaannya digantikan oleh TKA.

4. Management PT Indosat Tbk mem-PHK secara serentak sebanyak 39 orang pengurus SP Indosat dan hal ini diduga merupakan bentuk intimidasi/pemberangusan SP Indosat (union busting) yang tentunya diduga melanggar Pasal 28 juncto Pasal 43 UU No. 21/2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat buruh.

5. Management PT Indosat Tbk telah membuat kebijakan penghilangan fasilitas kesehatan pensiunan yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal penjualan saham Indosat kepada asing di tahun 2002.

6. Banyak kebijakan Management PT Indosat Tbk yang tidak sejalan atau mengabaikan PKB PT Indosat Tbk.

Menyikapi berbagai persoalan diatas, sebelumnya SP Indosat, telah berkali melayangkan surat protes, keberatan, dan penolakannya. Namun demikian Management PT Indosat Tbk tetap, terus, dan bahkan semakin menjadi-jadi melakukan berbagai kebijakan yang diduga melanggar peraturan perundang-undangan maupun PKB PT Indosat Tbk. Selain itu SP Indosat juga telah mengadukan berbagai persoalan tersebut ke Komisi IX DPR RI dan ke Kementrian Ketenagakerjaan RI. Namun tetap saja Management PT Indosat Tbk seakan-akan tidak peduli dengan rekomendasi dan saran dari Komisi IX DPR RI dan Kementrian Ketenagakerjaan RI tersebut.

Oleh karena itu, melalui surat ini kami selaku anak bangsa menyampaikan pengaduan dan perlindungan hukum atas berbagai persoalan tersebut diatas. Besar harapan kami Bapak Ir.Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia berkenan memberikan perhatian, penegakkan dan perlindungan hukum atas permasalahan yang tengah menimpa kami para pekerja PT Indosat Tbk.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan perkenan serta dukungan Bapak Presiden kepada para Pekerja Indosat kami haturkan terima kasih.

Dewan Pengurus Pusat Serikat Pekerja Indosat

 

 

R. Roro Dwi Handayani                                                                                   Setiadi Julianto
(Presiden)                                                                                             (Sekretaris Jenderal)