Tumpukan Material Longsor Lereng Bromo Masih Dibersihkan

Berita
Foto : Alat berat yang dikerahkan untuk membersihkan material longsor di lereng Bromo, Probolinggo Jawa Timur, Istimewa

 

JP-Probolinggo,  Jalur  wisata menuju lautan pasir di Bromo terputus total, akibat longsornya sebuah tebing lereng Bromo yang berada di sisi utara dan setinggi 80 meter longsor pada (Minggu, 18 Maret 2018) dinihari. Longsoran tersebut menutup akses jalan kawasan wisata lautan pasir Bromo di desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur tertutup material longsor.

Alat berat diturunkan ke lokasi longsor untuk membersihkan tumpukan material longsor yang memiliki ketebalan sekitar 5 meter dan lebar sekitar 30 meter. Karena hanya menggunakan satu alat berat, petugas diperkirakan memerlukan waktu empat hingga lima hari untuk membersihkan tumpukan material longsor tersebut.

Aktivitas transportasi menuju wisata lautan pasir di Bromo terhenti sementara akibat musibah ini. Wisatawan yang tetap akan menuju lautan pasir Bromo harus melewatui jalur alternatife yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan kuda.

Meski jalur jalan setapak tidak ditutup, Pemerintah menghimbau kepada masyarakat agar warga waspada terdapa kemungkinan terjadinya longsor susulan.(Wahyu)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.