YANCE SAMONSABRA, SH : OTSUS MENYANGKUT JATIDIRI ORANG PAPUA

Berita Hukum
Foto: Yance Samonsabra, SH/Rike M

Stramed-Jakarta. Undang-undang Otsus ini sudah mau berakhir tahun 2021, sehingga sebelum masa itu berakhir, saat ini sedang dalam masa evaluasi, lalu evaluasi dilakukan, supaya 2021 itu Otsus akan fokus kemana, kira-kira apa yang akan dilakukan oleh Otsus itu, misalnya 20 tahun kebelakang ini Otsus kita lihat apa yang tidak berhasil dan berhasil itu dimana, saat ini kami mau supaya pemerintah daerah dan pusat sama-sama dengan tokoh masyarakat, Otsus ini menyangkut masalah jatidiri orang Papua.

Demikian dikemukakan Yance Samonsabra, SH kepada Redaksi belum lama ini seraya menambahkan, revisi UU Otsus Papua otomatis tidak bisa hanya pemerintah pusat atau pemerintah daerah, tapi juga melibatkan elemen sampai di tokoh-tokoh masyarakat, sehingga mereka bisa diminta tanggapan terkait masalah mengenai Otsus.

“Harapan saya, bahwa draf yang sudah ada itu, kalau bisa secepatnya. Kami minta juga MRP Papua dan MRP Papua Barat untuk sama-sama duduk, dalam arti supaya nanti dalam 2021 Otsus Papua berakhir itu, kelanjutannya nanti tidak makan waktu yang lama, kalau bisa dalam 6 bulan sudah bisa berjalan lagi, itu harapan kami,” ujarnya seraya menghimbau agar kementerian dan lembaga segera memberikan masukannya kepada Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri sebagai leading sector dalam revisi UU Otsus Papua ini (Red).